Sabtu, 05 November 2016

Kesimpulan

BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
Pemuda memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan dan kemajuan bangsa. Pemuda yang tangguh dapat diartikan pemuda yang bisa menggunakan masa mudanya untuk hal-hal yang bermanfaat dan meninggalkan hal-hal yang buruk.
Pemuda pada zaman pergerakan nasional memiliki kemauan keras untuk bisa mempersatukan bangsa Indonesia dan membebaskan diri dari penjajahan. Sedangkan pemuda zaman sekarang mendapati kemajuan IPTEK yang sangat pesat, sehingga mereka yang memiliki pikiran yang baik dan bertanggungjawab akan menggunakannya untuk hal yang bermanfaat, dan yang buruk akan menggunakannya untuk hal negatif. Pemuda zaman sekarang banyak yang menjadi korban era globalisasi (victim globalization). Faktor yang mempengaruhi keadaan pemuda berasal dari keluarga, lingkungan, dan pergaulan pemuda.
Upaya untuk menciptakan generasi muda yang tangguh dapat dilakukan di dalam keluarga dengan bimbingan orang tua; di lembaga pendidikan dengan bimbingan dari guru; dan di lingkungan masyarakat dengan mengadakan organisasi pemuda yang positif dan adanya pengawasan dari tokoh masyarakat.
Namun yang paling penting adalah kesadaran dari pemuda itu sendiri. Tanpa kesadaran dari pemuda sendiri, upaya yang dilakukan akan sia-sia.
3.2. Saran
Agar usaha-usaha menciptakan generasi muda tangguh sebagaimana yang tercantum di atas menjadi lebih efektif, maka sebaiknya kesadaran pemuda tersebut harus sudah tumbuh dan melekat pada jiwanya. Untuk itu sebelum melakukan tindakan, disarankan untuk berupaya menumbuhkan kesadaran pemuda tersebut terlebih dahulu.


Sumber From :  https://arifinhakam.wordpress.com/karya-tulis-usaha-menciptakan-generasi-muda-yang-tangguh/

Artikel Terkait

Kesimpulan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email